Shared Office Space! Solusi Ruang Kerja Efisien dan Nyaman dalam Apartemen Anda
Written by: novajoanita
Kemajuan era digital semakin mempermudah koordinasi pekerjaan secara online. Selain itu, banyak juga millennials yang memilih pekerjaan freelance atau mobile yang tidak mengharuskan mereka berada di kantor sehingga fenomena bekerja di rumah jadi tak terhindarkan.
Namun, hal ini tentu jadi tantangan tersendiri bagi Anda yang memiliki hunian di apartemen. Akan ada kesulitan untuk menyediakan ruang kerja secara khusus, terutama bagi Anda yang memiliki apartemen berukuran kecil atau studio. Atasi dengan menerapkan konsep shared office space pada sudut kosong yang ada di dalam kamar tidur Anda. Bagaimana caranya? Yuk, simak terlebih dulu konsep shared office space di apartemen berikut ini hingga tips pemilihan tempat dan essentials untuk mewujudkan area kerja idaman Anda!
Konsep Shared Office Space di Apartemen
Konsep shared office space mungkin sudah cukup familiar di telinga Anda dengan nama lain, yaitu co-working space. Tempat ini merupakan area kerja yang disewakan khusus bagi Anda yang hendak bekerja di luar rumah atau memang tidak memiliki kantor. Anda bisa memanfaatkan tempat ini untuk bertemu dengan klien atau kolega dari beberapa profesi.
Namun, konsep di atas bukan shared office space yang dimaksudkan untuk apartemen Anda. dalam konteks ini, shared office space merujuk pada area kerja sharing yang bisa Anda buat dengan memanfaatkan sudut kosong di dalam ruangan yang sudah terpakai. Oleh karena itu, area kerja sharing ini bisa jadi berhubungan langsung dengan area ruang tamu, kamar tidur Anda.
Kamar Tidur Sebagai Pilihan Tepat
Upayakan lokasi shared office space yang Anda pilih tidak semata-mata asal muat atau kosong saja, tetapi mengutamakan kenyamanan kerja Anda di apartemen. Oleh karena itu, pilihlah area kamar tidur sebagai lokasi paling yang ideal untuk dijadikan area kerja sharing Anda. Area dapur kurang ideal karena dikhawatirkan berkas-berkas pekerjaan Anda jadi mudah kotor akibat cipratan minyak dari aktivitas masak. Hal yang sama terjadi pada ruang tamu menjadi area publik sehingga tidak cocok untuk kebutuhan kerja yang masuk ke ranah pribadi.
Adapun memilih kamar tidur sebagai area kerja sharing menjadikan tempat ini sebagai pusat gravitasi sekaligus meningkatkan efektivitas kerja. Anda tidak perlu lagi berpindah-pindah lokasi karena bisa beristirahat sekaligus produktif di satu lokasi yang sama. Selain mempermudah mobilitas, pilihan lokasi kamar tidur juga lebih mudah untuk diatur, Anda bisa menggunakan area kosong yang dekat dengan lemari pakaian atau rak gantungan baju.
Essentials yang Dibutuhkan
Selain mengutamakan kenyamanan, area kerja sharing Anda juga harus mempertimbangkan efisiensi penggunaan ruang agar tidak menimbulkan kesan sempit. Cukup sediakan alat-alat pendukung kerja yang essentials, seperti meja kerja, rak penyimpanan dokumen, alat tulis dan papan reminder yang memiliki konsep terbuka sekaligus serbaguna.
Mulailah beralih dari penggunaan alat pendukung kerja yang monoton seperti meja kerja atau lemari penyimpanan yang memakan banyak ruang. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan jenis meja kerja built in yang langsung melekat pada dinding kamar tidur (Gambar 1). Untuk memastikan area meja kerja selalu rapi dan luas, manfaatkan juga tempat penyimpanan alat tulis built in agar di atas meja hanya tersedia laptop dan smartphone serta lampu meja untuk meningkatkan konsentrasi kerja Anda. Menggunakan area penyimpanan alat tulis yang sama, sediakan satu ruang kosong sebagai papan reminder tambahan yang senantiasa menjadi motivator atau alarm bagi deadline kerja Anda (Gambar 2).
Gambar 1. Meja Kerja Built In
Gambar 2. Tempat Penyimpanan Alat Tulis & Papan Reminder Built In (Beli di ACE ONLINE)
Untuk tempat area penyimpanan dokumen, Anda bisa menggunakan jenis rak bertingkat yang built in dengan ekstra kompartemen seperti Gambar 3. Penggunaan kompartemen ini diharapkan dapat meningkatkan rasa aman terhadap dokumen penting atau memastikan buku Anda tetap rapi tersimpan.
Gambar 3. Rak Penyimpanan dan Kompartemen Dokumen Built In (Beli di ACE ONLINE)
Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila menginginkan area kerja di dalam apartemen Anda. Manfaatkan konsep area kerja sharing di atas serta ikuti daftar essentials yang dianjurkan untuk pemanfaatan area kosong secara optimal. Adapun untuk ragam keperluan rak, tempat penyimpanan dan meja kerja built in yang dibutuhkan dapat Anda temukan di toko ACE terdekat atau secara online via ACE ONLINE. Temukan juga ragam produk pendukung lainnya di sini.